Ada Pesan Khusus Untukmu..

Ada bunyi ngiiiing… di telinga, tidur pun tidak jadi karena makhluk kecil itu mengganggu. Ah, nyamuk, dikau memang tidak pernah membuatku nyaman dengan keberadaanmu. Lihat, aku tidak pernah nyenyak tidur bila sayapmu mendekat di gendang telinga.

Okelah, aku hargai perjuanganmu, sepersekian dari satu tetes darahku sudah sangat cukup mengeyangkanmu. Kasihan juga lihat tubuh rapuh kecilmu, untuk makan harus mempertahankan nyawa dari tangan, sapu, alat listrik, baigon, dan segala obat racun pembunuh.

Jadi ingat peringatan Hari Malaria Sedunia pada tanggal 25 April 2013 kemarin. Meski saat ini angka kasus malaria turun secara stabil, namun di beberapa negara tropis, malaria masih menjadi ancaman besar. Berdasarkan situs WHO, tema Hari Malaria Sedunia tahun ini adalah "Invest in the future, Defeat Malaria." Aku harap, kau tidak termasuk jenis nyamuk mematikan itu.


Kamu Pasti Betina!!!
Oh iya, kau betina atau jantan?. Aneh dan unik, jenis betina dari kalian hidup lebih lama. Bila jantan hidup maksimal dua minggu, namun betina bisa hidup lebih dari satu bulan. Aku ingat, kau pasti betina!!!. Para ahli dari barat telah merumuskan hanya nyamuk betina yang menggigit dan mengisap darah untuk memberi makan telur-telurnya. Namamu siapa ya?, apakah sama dengan nama-nama seperti bangsa manusia nona?.


Kamu tidak Melihat, tapi Merasakan kan Nona?
Di sini sangat panas, tidak ada AC, kau tentu datang karena tertarik dan melakukan pemburuan darah berdasarkan bau. Aku tau, bau faforitmu adalah bau keringat dan karbon dioksida.

Kamu memiliki penglihatan semu. Para peneliti telah menemukan sesuatu yang menarik yang terdapat dalam dirimu. Kamu dilengkapi sensor infra merah untuk dapat merasakan Karbon dioksida (C02) yang memberitahukan keberadaan mangsanya.

Kamu bisa mengetahui mangsa dari jarak 35 meter. Ketika nyamuk betina dari jenismu merasakan adanya karbon dioksida, ia akan langsung meluncur terbang secara zig-zag, sehingga bulu-bulu halusnya dapat menemukan sumber karbon dioksida itu. Setelah sumber karbon dioksida didapat, isyarat lainnya pun turut mendominasi bahwa yang ditemukan itu benar-benar si mangsa, seperti bau tubuh (keringat, asam laktat, dll) dan juga panas tubuh.

Bau yang dihasilkan oleh mikroflora kulit juga berperan dalam mendorongmu melakukan pendaratan di kulit. Lebih dari 350 senyawa telah diisolasi dari bau yang dihasilkan oleh kulit manusia. Entah secara tunggal atau dalam kombinasi, kebanyakan senyawa ini mungkin atraktan dan kemungkinan repellents. Kau keren juga dalam berburu..
Di buku perpustakaan yang aku buka tadi, jenismu sungguh menakjubkan!. Meski hanya beberapa nyamuk yang diketahui bisa menyebabkan penyakit berbahaya, di dunia terdapat banyak spesiesmu. Setidaknya terdapat lebih dari 3.000 lebih spesies!!!. Ajaib sekali Allah Menciptakan makhluk kecil sepertimu nona..


Kamu Memang Ajaib Nona!!!
Salah satu Universitas di Amerika melakukan penelitian dan menghasilkan data yang menakjubkan tentangmu. Kamu dapat bertahan di semua iklim benua dunia, termasuk benua Artik. memiliki pertumbuhan yang sangat cepat dan sudah bisa mencari makan sendiri setelah berusia hanya empat hari. Setelah itu kamu juga sudah bisa bertelur dan berkembang biak.

Meski banyak ilmuan berselisih, kebanyakan dari mereka berspekulasi bahwa kamu telah ada sejak Periode Cretaceous (sekitar 100 juta tahun lalu) di Amerika Utara. Menurut mereka, berkat kemampuan beradaptasi yang hebat telah membuatmu ada dimanapun dan di masa apapun. Aku yakin, kamu walaupun sekecil ini, akan dapat bertahan sampai bumi ini benar-benar musnah oleh Hari Kiamat.

Kebanyakan dari spesiesmu dapat terbang sekitar 1 sampai 1,5 mil per jam. Kau yang spesies yang ada di Asia, memiliki batas terbang sekitar 300 meter, tidak seperti spesies lain yang memiliki jarak penerbangan kisaran 1-3 mil. Ada juga yang bisa terbang hingga jarak 7 mil, bahkan 100 mil.

Tapi, spesiesmu ditemukan berkembang biak diketinggian 8.000 kaki di Himalaya dan 2000 kaki di bawah tanah pada lokasi pertambangan di India. Tidak ada kepastian seberapa ketinggian kamu dapat terbang. Dan belum ada penelitian yang mengkaitkan kemampuan terbangmu dengan pengaruh grafitasi bumi.

Kau lebih hebat dari Dinosaurus yang tidak tahan dengan perubahan cuaca atau iklim. Para ahli geologi menyimpulkan bahwa masa kekacauan hebat yang terjadi di planet ini, karena gangguan cuaca secara berkepanjangan. Kondisi yang berubah-ubah secara dramatis selama era Mesozoik itulah, penyebab musnahnya kadal besar Dinosaurus.

Atau kau ada pada zaman es?, waktu itu bumi hingga dijuluki earth iceball (Bola salju bumi). Ah, lagi-lagi kau tak menjawabnya. Dan aku tidak mau kau menjawabnya nona..


Banyak Salah Kaprah tentangmu Non..
Banyak yang salah kaprah tentangmu, yang menyebut bahwa kamu menggigit. Padahal, kamu tidak memiliki gigi. Kamu diciptakan mempunyai bentuk runcing seperti sebuah jarum yang difungsikan untuk menghisap darah dan nektar tumbuhan. Tapi, yaaah… sedikit janggal ketika aku menjawab pertanyaan teman, “kamu kenapa?”, masak aku jawab, “aku dihisap nyamuk”. Hehehe… tidak usah menoleh ke arahku, terusin aja menghisap darahku nona..

Pergi dari kehidupanku dong..
Aku tahu, darah bukanlah prioritas bagimu dalam hal kebutuhan makan. Darah hanya sebagai fungsi pelengkap. Itu pun hanya jenis betina darimu yang menghisap darah. Ini ditunjukan untuk memperlancar proses berkembang biak. Sebab protein yang terkandung dalam darah membantu proses pematangan telur-telurmu sebelum ditempatkan. Sedangkan spesies jantan darimu tidak menghisap darah sama sekali. Untuk mendapatkan energi, baik kau yang betina dan jantan memakan saripati tanaman, seperti kebanyakan yang lebah madu lakukan.

Kalau boleh nasehatin nih, lebih baik kau berhenti dan pensiun menghisap darah manusia. Karena aku tau, kau juga menyukai darah hewan, seperti kerbau, kambing, kelinci bahkan ular dan lain-lain. Iya kan nona?
Lihat, kamu hanya menghisap sekitar 0,001-0,01 mililiter darah!. Jumlah yang sangat sedikit, malah tidak mungkin ada, bentuk timbangan atau takaran seperti itu di duniaku. Dan, sangat jauh sekali bila dibandingkan kebutuhan makan bangsaku.

Malah manusia bisa super serakah lho non..


Kau Hampir tidak terlihat..
Sudah sekian lama kau menghisap darahku, belum kenyang ya non?. Aku tidak melihat mulutmu, di bangsa kami, mulut bisa tersenyum, manyun, cemberut, dan lain-lain, sedangkan di spesiesmu bagaimana non?.
Lihat, kamu spesies betina mampu menghisap darah berulangkali. Setelah menghisap darah kamu akan menyelesaikan perkembangan telur. 250 telur dapat kau simpan sekaligus dalam air. Kau juga dapat menghisap darah melebihi berat tubuhmu. Padahal, beratmu hanya sekitar 2,5 miligram. Namun ada juga spesies darimu yang memiliki berat 10 miligram.


Aku Selalu Bersyukur Ada Kamu..
Aku bersyukur dengan adanya dirimu siklus kehidupan di muka bumi ini seimbang. Meski sebagai penebar penyakit, kau berperan dalam kehidupan manusia. Bayangkan andai kamu tidak ada, berapa banyak predatormu akan mati kelaparan?, berapa banyak tumbuhan akan musnah lantaran tidak ada kamu yang membantu proses penyerbukan tanaman?, karena kamu merupakan polinator (penyebar biji-bijian). Kamu memiliki peran serta dalam mewujudkan keharmonisan ekosistem di muka bumi ini. Terimakasih ya nona…

Okelah, selamat terbang kembalilah kepada penjantanmu nona, ia tentu telah lama menunggumu, yakinlah ia di rumahmu sedang gelisah karena khawatir akan keselamatanmu. Ucapkan salam untuk suamimu, kalau kau datang kepadaku, aku tidak akan membunuh dan mengusirmu, aku akan relakan darahku untuk kehidupan anak-anakmu.
Kulihat perutmu buncit memerah dengan darah. Besok, aku akan senang bila engkau kembali lagi, siapa tahu ada hal menarik yang bisa kita ceritakan nona..

"Bukan masalah ada dan tidak adanya seseorang, tapi ini soal bagaimana menghilangkan dan menahan gemuruh hati, saat ia tidak akan menjadi teman dalam cerita hidup selanjutnya."

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ada Pesan Khusus Untukmu.."