Buku "Kiai Dhofir Djazuli"



Kata Pengantar

بِسْمِ اللهِ مَا شَاءَ الله لَايَسُوقُ الخَيْرَ اِلَّا الله
بِسْمِ اللهِ مَا شَاءَ الله لَايَصْرِفُ السُّوءَ اِلَّا الله
بِسْمِ اللهِ مَا شَاءَ الله مَا كَانَ مِنْ نِعْمَةٍ فَمِنَ الله
بِسْمِ اللهِ مَا شَاءَ الله لَاحَوْلَ وَلَاقُوَّةَ اِلَّا بِاللهِ الْعَلِيِّ الْعَظِيْمِ
Seorang pribadi, di dalam memori hidupnya, semula mungkin hanyalah catatan-catatan bagi diary pribadinya, namun suatu ketika, di masa mendatang catatan itu ketika dieja dan dibaca, namanya akan menjadi sosok yang diteladani. Paragraf dari lembaran-lembaran prilaku dan perjuangan yang terekam oleh ingatan keluarga, anak, istri, sanak famili, kerabat, dan mungkin murid-murid yang telah membaitnya sebagai guru, akan mengaji hidupnya sebagai suatu ajaran. Demikianlah sosok almarhum almaghfurlahu ustaz Dhofir Djazuli yang saya kenal.
Sejarah kehidupan Ustaz yang bersahaja ini melengkapi sejarah eksistensi pondok pesantren Salafiyah Syafiiyah Sukorejo Situbondo tempat dimana beliau berkhidmah mengabdikan hidupnya untuk ilmu. Ustaz Dhofir adalah salah satu tokoh penting pesantren, dalam hubungannya sebagai pilar keilmuan, guru spiritual, dan sosok teladan.
Maka tentu, membaca sejarah kehidupannya, juga berarti membaca bagian penting untuk keutuhan sejarah, kalau boleh dikatakan peradaban pesantren. (Pondok Pesantren Salafiyah Syafiiyah) Sukorejo, tanpa mengenal satu persatu tokoh intelektual di dalamnya, maka akan dipahami secara parsial.
Oleh karena itu, mengenal biografi almarhum almaghfurlah ustaz Dhofir, berarti juga memahami sejarah utuh pondok pesantren Salafiyah Syafiiyah Sukorejo Situbondo, semoga buku biografi almarhum almaghfurlah ustaz Dhofir Djazuli ini yang ditulis oleh H. R. Umar Faruq, menjadi salah satu buku yang menambah khazanah dalam kategori pesantren, khususnya Salafiyah Syafiiyah Sukorejo Situbondo, umumnya pesantren Islam nusantara.
Kepada setiap generasi yang dilahirkan oleh zamannya, saya katakan, saya berpesan, bacalah, bacalah, keteladanan almarhum almaghfurlah ustaz Dhofir Djazuli. Karena di dalamnya ada karakter yang akan membentuk kedewasaan berpikir.
Semoga setiap jerih payah penulis yang telah meluangkan banyak waktunya berkhidmah, mencatat keteladanan almarhum almaghfurlah ustaz Dhofir Djazuli dicatat sebagai pahala, amal ibadah yang diterima oleh Allah subhanallah wa ta’ala. Jazakumullah ahsanal jaza’ dengan segala dimensi maknanya.


Situbondo, 5 April 2015


KHR. Azaim Ibrahimy
Pengasuh PP Salafiyah Syafi’iyah
Sukorejo Situbondo


_____
Keterangan Buku:

JUDUL: Kiai Dhofir Djazuli,
Dari Buruh Tani sampai Panggilan Kiai
PENULIS: H. R. Umar Faruq 
CETAKAN: Mei 2015
ISBN: 978-602-72659-0-5 
PENERBIT (kerjasama): Ibrahimy Press, www.cyberdakwah.com, Media Grafika Printing (MGP)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Buku "Kiai Dhofir Djazuli""