Semangat Anak Desa



Saat saya mengisi materi di Workshop Pengembangan OSIS dan Menulis di Yayasan Al Choirot Desa Sok-sok Batokaban Konang, Bangkalan Madura.
Para peserta begitu antusias, betapa semangat teman-teman MTs dan MA Al Ikhlas itu menggebu-gebu, keadaan fisik dan fasilitas sekolah yang jauh dari memadai tidak menghentikan mimpi mereka untuk berguna bagi bangsanya. Salah satunya, menjadi penulis. Minimal, menuliskan tentang sekolah dan desa mereka. Ajaib.
Lokasi sekolah di antara pegunungan ternyata masih tersimpan wajah-wajah tulus untuk memajukan negeri ini. Mengulik semangat mereka di antara keterbatasan informasi dan transportasi. Saya ingat, menuju daerah mereka, tidak bisa dilalui kendaraan, naik motor menelusuri jalan menikuk dan jurang yang curam.
"Walaupun kami anak desa pak, kami harus bisa bangkit dengan karya dan prestasi membanggakan…!!!” teriak salah satu anak sambil mengepalkan tangannya, ketika ada sesi tanya jawab.
"Siaaaaaaaaap....!!!" Jawaban yang lain serentak, menghentak dan menggema di seluruh ruangan pelatihan. Alhamdulillah.
"Ada banyak cara mencintai dan kita semua, ya, kita semua sebagai generasi bangsa mempunyai hak dan kewajiban membangun bangsa ini, siap?" 
"Siaaaaap....!!!"
Luarbiasa, teriakan dan tepuk tangan mereka begitu tulus. Mereka sampai berdiri dan ada beberapa peserta menitikkan airmata saat saya mau mengusahakan pengadaan buku untuk mereka, membuat perpustakaan bagi mereka. Bismillah...
***

Hati saya benar-benar terharu, ketika beberapa hari kemudian, siswa dan siswi membuat Mading dengan iuran merelakan sebagian uang saku mereka. Tentu, mading sederhana dari perkumpulan uang mereka yang tidak seberapa.
Terus bersemangatlah adik-adikku, teruslah bergerak untuk berkarya. Saya selalu merindukan kalian, semoga saya bisa mendampingi kalian lagi merangkai mimpi-mimpi membangun bangsa ini dengan hebat.
Yah, ada beberapa lembaga pendidikan yang pernah saya datangi, di pelosok desa, semangat siswa-siswi pedesaan itu melecut semangat untuk terus membangkitkan dan mengarahkan mimpi mereka.
Allah Maha Hebat dan penuh cinta bagi hamba-Nya dengan memberi kemudahan bagi saya menyalurkan beberapa dermawan, penerbit, dan penulis yang menyumbang finansial dan buku mereka untuk pengadaan atau penunjang fasilitas atau perpustakaan di beberapa sekolah desa yang bisa dijangkau.
Semoga, saya bisa terus merangkai mimpi saya, mimpi teman-teman pedesaan yang saya datangi. Bismillah…



Al-Khoirot, Bangkalan
Desember, 2013

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Semangat Anak Desa"