Khotbah Iduladha


Umat Islam Harus Siap Berkorban

اللهُ أكْبَرُ اللهُ أكْبَرُ اللهُ أكْبَرُ
اللَّهُ أَكْبَرُ كَبِيرًا وَالْحَمْدُ لِلَّهِ كَثِيرًا وَسُبْحَانَ اللَّهِ بُكْرَةً وَأَصِيلاً، لاَ إِلَهَ إِلاًّ اللَّهُ وَلاَ نَعْبُدُ إِلاَّ إِيَّاهُ مُخْلِصِينَ لَهُ الدِّينَ وَلَوْ كَرِهَ الْكَافِرُونَ، لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللَّهُ وَحْدَهُ صَدَقَ وَعْدَهُ وَنَصَرَ عَبْدَهُ وَهَزَمَ الأَحْزَابَ وَحْدَهُ، لاَ إِلَهَ إِلاًّ اللَّهُ اللهُ أكْبَرُ، الله أكبر وَللهِ الْحَمْدُ.
ا اَللهُ اكَبْرُ اَللهُ اكَبْرُ اَللهُ اكَبْرُ
اَللهُ اكَبْرُ اَللهُ اكَبْرُ اَللهُ اكَبْرُ
اَللهُ اكَبْرُ اَللهُ اكَبْرُ اَللهُ اكَبْرُ
اَلْحَمْدُ لِلَّهِ الْمُنْفَرِدِ بِالْقِدَامِ وَالْبَقَاءِ وَالْعَظَمَةِ وَالْكِبْرِيَاءِ وَالِعِزِّ الَّذِيْ لاَيُرَامُ لاَيُمَثِّلُهُ الْعَقْلُ وَلاَيُحِدُّهُ الْفِكْرُ وَلاَتُدْرِكُهُ اْلاَوْهَامُ أَحْمَدُ عَلَى جَمِيْعِ نِعَمِهِ الْوَافِرَةِ الْجِسَامِ وَأَسْاَلُهُ حِفْظَ نِعْمَةِ اْلإِيْمَانِ وَاْلإِسْلاَمِ وَأَشْهَدُ اَنْ لاَ اِلَهَ اِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَشَرِيْكَ لَهُ اِلَهٌ اِعْتَزَّ بِهِ مَنْ عَزَّ بِهِ فَلاَيُضَامُ وَذَلَّ مَنْ تَكَبَّرَ عَنْ أَمْرِهِ وَلَقِيَ اْلأَوْثَامَ وَأَشْهَدُ اَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ الَّذِيْ بَيْنَ طِرِيْقِ الْقِوَامِ اَللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ مَادَامِتِ السِّنُوْنَ وَاْلاَعْوَامُ أَمَّا بَعْدُ : فَيَا أَيُّهَا الْمُسْلِمُوْنَ اِتَّقُوا اللهَ حَقَّ تُقَاتِهِ وَلاَتَمُوْتُنَّ اِلاَّ وَأَنْتُمْ مُسْلِمُوْنَ.
Allahu Akbar Allahu Akbar Allahu Akbar
Allahu Akbar Allahu Akbar Allahu Akbar
Allahu Akbar Allahu Akbar Allahu Akbar

Maasyiral muslimin rahimakumullah
Alhamdulillah, puji dan syukur kita panjatkan ke hadirat Allah subhanahu wa taala, yang telah melimpahkan nikmat-Nya kepada kita. Di pagi hari yang mulia ini, kita diberi kesempatan untuk menyambut dan merayakan Iduladha Umat Islam di seluruh dunia, tak terkecuali yang ada di negeri ini, juga sedang merayakan hari yang agung ini dengan alunan takbir, tahmid, tasbih, dan tahlil. Gema takbir itupun disunnahkan untuk terus dikumandangkan setelah salat, selama hari tasyrik, tanggal 11, 12 , dan 13 Zulhijjah.

Allahu Akbar 3x, Walillahilhamd
Sementara itu, sekitar jutaan umat Islam yang sedang menunaikan ibadah haji, pada hari ini sedang berkumpul di Mina. Iring-iringan mereka bergerak dengan perlahan, sejak dari Jumratul Ula, Jumratul Wustha, hingga Jumratul Aqabah. Mereka yang datang dari berbagai penjuru dunia, dengan beragam suku, bangsa, bahasa, dan warna kulit, bersatu padu dengan langkah yang sama untuk memenuhi panggilan Allah subhanahu wa taala.
Keanekaragaman suku, bangsa, bahasa, dan warna kulit itu, ternyata tak lagi membedakan mereka, satu sama lain, karena sesungguhnya mereka telah dipersatukan, dengan kesatuan akidah dan hukum yang diturunkan oleh Allah subhanahu wa taala, yang sedang mereka praktikkan dalam manasik haji mereka.

Allahu Akbar 3x, Walillahilhamd
Maasyiral muslimin rahimakumullah
Pada hari Raya Iduladha ini pula jutaan ekor hewan korban disembelih, sebagai wujud ketaatan pada perintah Allah subhanahu wa taala. Perintah untuk mengorbankan harta yang paling kita cintai sekalipun, sebagaimana yang dipraktikkan oleh Nabiyullah Ibrahim alaihissallam.
Sebuah pengorbanan yang luar biasa. Betapa tidak, putra yang sudah dinantikan dan didambakan kelahirannya, yang diharapkan kelak menjadi penerus keturunan dan perjuangannya, yang baru tumbuh menjadi anak yang cerdas, tampan, dan menawan, justru diperintahkan oleh Allah subhanahu wa taala untuk disembelih. Inilah bentuk pengorbanan yang luar biasa dari diri seorang Nabi Ibrahim alaihissallam. Juga pengorbanan luar biasa dari diri Nabi Ismail alaihissallam, yang telah rela menyerahkan jiwa dan raganya untuk mengabdi kepada Allah.
Pengorbanan tersebut, maasyiral muslimin rahimakumullah… sesungguhnya merupakan kesan dari kecintaan dan ketaatan yang sempurna dari seorang hamba, kepada Allah subhanahu wa taala, Sang Maha Pencipta, sebagaimana firman Allah:
لَنْ تَنَالُوا الْبِرَّ حَتَّى تُنْفِقُوا مِمَّا تُحِبُّونَ وَمَا تُنْفِقُوا مِنْ شَيْءٍ فَإِنَّ اللَّهَ بِهِ عَلِيمٌ
"Kamu sekali-kali tidak sampai kepada kebajikan (yang sempurna), sebelum kamu menafkahkan sebahagian harta yang kamu cintai. Dan apa saja yang kamu nafkahkan, maka sesungguhnya Allah mengetahuinya.." (Surah Ali Imran, ayat 92)
Kecintaan dan ketaatan adalah dua hal yang tak dapat dipisahkan. Imam Al-Baidhawi berkata, “Cinta adalah keinginan untuk taat”, sementara, Imam al-Zujaj berkata, “Cinta manusia kepada Allah dan Rasul-Nya adalah mentaati keduanya dan rida kepada semua perintah Allah dan ajaran yang dibawa oleh Rasul-Nya.” Lebih lanjut, kecintaan dan ketaatan kepada Allah, tidak mungkin bisa diwujudkan tanpa pengorbanan. Oleh karenanya, tak ada cinta tanpa ketaatan, dan tak akan ada ketaatan tanpa pengorbanan. Hal demikian perlu kita perhatikan dengan sebaik-baiknya.
Pengorbanan yang telah dilakukan oleh Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail alaihimassallam, merupakan teladan bagi kita akan wujud kecintaan dan ketaatan yang sesungguhnya kepada Allah subhanahu wa taala. Karena itu, jika kaum Muslim ingin mewujudkan kecintaan dan ketaatan yang sebenarnya kepada Allah subhanahu wa taala, maka harus siap untuk berkorban. Berkorban dalam hal ini, tentu tidak sekadar menyembelih hewan kurban, tapi berkorban dalam arti yang luas. Allah subhanahu wa taala berfirman:
قُلْ إِنْ كَانَ ءَابَاؤُكُمْ وَأَبْنَاؤُكُمْ وَإِخْوَانُكُمْ وَأَزْوَاجُكُمْ وَعَشِيرَتُكُمْ وَأَمْوَالٌ اقْتَرَفْتُمُوهَا وَتِجَارَةٌ تَخْشَوْنَ كَسَادَهَا وَمَسَاكِنُ تَرْضَوْنَهَا أَحَبَّ إِلَيْكُمْ مِنَ اللَّهِ وَرَسُولِهِ وَجِهَادٍ فِي سَبِيلِهِ فَتَرَبَّصُوا حَتَّى يَأْتِيَ اللَّهُ بِأَمْرِهِ وَاللَّهُ لَا يَهْدِي الْقَوْمَ الْفَاسِقِينَ
“Katakanlah: ‘Jika bapak-bapak, anak-anak, saudara-saudara, istri-istri, kaum keluargamu, harta kekayaan yang kamu usahakan, perniagaan yang kamu khawatiri kerugiannya, dan rumah-rumah tempat tinggal yang kamu sukai, adalah lebih kamu cintai daripada Allah dan Rasul-Nya dan (dari) berjihad di jalan-Nya, maka tunggulah sampai Allah mendatangkan keputusan-Nya.’ Dan Allah tidak memberi petunjuk kepada orang-orang fasik.” (Surah At-Taubah ayat 24)
Dalam ayat ini, kita diperintahkan untuk menempatkan kecintaan kita kepada Allah dan Rasul-Nya, di atas kecintaan kepada yang lain. Artinya, di saat Allah subhanahu wa taala memerintahkan sesuatu yang menuntut pengorbanan baik berupa harta, keluarga, maupun perniagaan yang kita cintai, kita perlu siap melakukannya. Pengorbanan inilah yang akan mendatangkan balasan dari Allah berupa keridaan, ampunan, pertolongan, kemenangan, dan kemuliaan. Allah subhanahu wa taala berfirman:
وَلِلَّهِ الْعِزَّةُ وَلِرَسُولِهِ وَلِلْمُؤْمِنِينَ
“Kemuliaan itu hanyalah bagi Allah, bagi Rasul-Nya dan bagi orang-orang Mukmin.” (Surah Al-Munafiqun ayat 8)

Maasyiral muslimin rahimakumullah…
Jika kita nilai sejujurnya keadaan umat Islam saat ini, maka keadaannya amatlah jauh dari harapan. Umat yang semestinya hidup sejahtera di bumi yang kaya raya ini, faktanya justru hidup sengsara dalam kemiskinan dan kesulitan. Angka pengangguran terus menguat. Beban hutang luar negeri makin menjerat, dan beban hidup pun terus meningkat. Inilah sekilas gambaran keadaan umat di dalam negeri. Keadaan umat Islam di luar negeri pun tidak jauh berbeda. Di berbagai negeri, umat Islam berada dalam keadaan tertindas dan terjajah. Tengoklah apa yang terjadi atas saudara kita yang ada di Palestina, Iraq, Afghanistan, Libya dan sebagainya.
Semuanya ini terjadi karena umat Islam dalam keadaan yang sangat lemah. Kelemahan inilah yang dimanfaatkan betul oleh negara-negara penjajah untuk menjajah kaum Muslimin, baik secara langsung maupun tidak.
Adapun kelemahan umat Islam itu sendiri pada dasarnya diakibatkan oleh lemahnya pemahaman umat Islam terhadap Islam itu sendiri. Lemahnya pemahaman ini dapat dilihat pada lemahnya praktik penerapan Islam dalam kehidupan kaum muslimin. Ini dapat dilihat dari fakta kehidupan kaum Muslim saat ini. Mereka beribadah haji dengan aturan Islam, salat dengan aturan Islam, menikah dengan aturan Islam, tetapi mereka tidak mengelola sumber hasil buminya dengan aturan Islam, tidak mengatur ekonominya dengan aturan Islam, tidak mengatur sistem pertahanan dan keamanannya dengan aturan Islam, tidak menjalankan politik dalam dan luar negerinya dengan aturan Islam. Inilah yang menjadi penyebab lemahnya umat Islam.
Jika umat Islam lemah, mereka hanya akan menjadi korban. Korban ketamakan dan kerakusan negara-negara penjajah yang selalu ingin mencengkramkan kekuasaannya atas negeri-negeri Muslim.
Agar hal ini tidak terjadi, tentu umat Islam harus kuat. Jika ingin kuat, umat Islam harus hidup dengan cara memahami Islam secara menyeluruh dalam segala hal (kaffah). Artinya, Islam harus dijadikan sebagai acuan dalam mengatur seluruh aspek kehidupan kaum muslimin, baik dalam urusan pribadi, keluarga, masyarakat, maupun negara. Inilah kunci kejayaan umat dalam meraih kemuliaan. Kemuliaan di sisi Allah khususnya, dan di mata umat serta bangsa-bangsa lain pada umumnya.
Untuk meraih kemuliaan itu, tentu umat harus berjuang. Dan perjuangan itu harus disertai dengan pengorbanan. Sebab, tak pernah ada kemuliaan tanpa perjuangan, dan tak pernah ada perjuangan tanpa pengorbanan. Jadi, sesungguhnya hanya ada dua pilihan bagi kita. Apakah kita mau berkorban untuk meraih kemuliaan, atau justru akan menjadi korban, akibat kelemahan kita, karena kita tidak mau berkorban.

Maasyiral muslimin rahimakumullah
Demikianlah, tanpa pengorbanan, kemuliaan takkan pernah boleh diraih. Karena itu, jika umat ini benar-benar cinta kepada Allah dan mau mengambil teladan dari Nabi Ibrahim dan Ismail alaihimassallam, maka mereka harus siap dan rela berkorban dalam menempuh perjuangan. Adapun agenda perjuangan umat Islam yang terpenting pada situasi sekarang adalah:
Pertama, memantapkan aqidah dan keimanannya. Kedua, mengkaji dan memahami Islam secara menyeluruh dalam segala hal (kaffah). Dan ketiga, memperjuangkan penerapan Islam secara menyeluruh/kaffah penuh kelembutan tanpa kekerasan, sebagaimana metode dakwah Rasulullah sallallahu alaihi wa sallam.
Jika semua agenda ini dapat terlaksana, insya Allah kemenangan dan kemulian akan bisa diraih oleh umat Islam. Ketika itu terjadi, umat benar-benar akan bertakbir dalam kemenangan, bukan dalam kekalahan, sebagaimana yang dikumandangkan oleh Rasulullah sallallahu alaihi wa sallam:
لَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ وَحْدَهُ صدَقَ وَعْدَه أَعَزَّ جُنْدَهُ وَنَصَرَ عَبْدَهُ وَهَزَمَ الْأَحْزَابَ وَحْدَهُ
Tiada Zat yang berhak disembah kecuali Allah, Dia benar-benar telah menepati janji-Nya (untuk memenangkan Islam dan ummatnya), memuliakan tentara-Nya, menolong hamba-Nya, dan mengalahkan tentara-tentara pasukan sekutu (kafirin) dengan sendiri-Nya.

Allahu Akbar 3x, Walillahilhamd
Maasyiral muslimin rahimakumullah
Akhirnya, kita berharap semoga para jamaah haji berhasil meraih haji mabrur. Di tempat yang mustajab, mereka berdoa untuk dirinya, keluarganya, dan seluruh kaum muslimin agar segera mendapatkan pertolongan Allah subhanahu wa taala, dan dimenangkan atas musuh-musuh Allah dan musuh-musuh mereka. Semoga pula para pemimpin juga tersadar, baik pemimpin keluarga, masyarakat, organisasi, maupun negara, termasuk semua pemuka umat Islam, bahwa mereka semua wajib berkorban untuk meraih kemuliaan Islam. Semoga kita dijadikan sebagai bagian dari barisan orang-orang yang rela memberi pengorbanan demi kecintaan dan ketaatan kepada Allah subhanahu wa taala dalam rangka menegakkan Islam secara menyeluruh (kaffah) yang akan menjadi rahmat bagi seluruh alam raya ini.

أَعُوْذُ بِاللهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيْمِ ، لَنْ تَنَالُوا الْبِرَّ حَتَّى تُنْفِقُوا مِمَّا تُحِبُّونَ وَمَا تُنْفِقُوا مِنْ شَيْءٍ فَإِنَّ اللَّهَ بِهِ عَلِيمٌ ، بَارَكَ اللهُ لِيْ وَلَكُمْ فِي الْقُرْآنِ الْعَظِيْمِ، وَنَفَعَنِيْ وَإِيَّاكُمْ بِمَا فِيْهِ مِنَ الْأَيَاتِ وَالذِّكْرِ الْحَكِيْمِ وَتَقَبَّلَ مِنِّي وَمِنْكُمْ تِلاَوَتَهُ اِنَّهُ هُوَ السَّمِيْعُ الْعَلِيْمُ وَقُلْ رَبِّ اغْفِرْ وَارْحَمْ وَاَنْتَ خَيْرُ الرَّاحِمِيْنَ.


(الخطبة الثانية)
الله اكبر الله اكبر الله اكبر
الله اكبر الله اكبر الله اكبر
الله اكبر الله اكبر الله اكبر
اَللَّهُ  اَكْبَرُ كَبِيْرًا وَالْحَمْدُ لله كَثِيْرًا وَسُبْحَانَ اللهِ بُكْرَةً وَاَصِيْلاً لاَ اِلَهَ اِلاَّ اللهُ وَاللّهُ اَكْبَرْ الله اكبر ولله الحمد.
اَلْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِيْ جَعَلَ الاَعْيَادَ بِاْلاَفْرَاحِ وَالسُّرُوْرِ, وَضَاعَفَ لِلْمُتَّقِيْنَ جَزِيْلَ اْلاُجُوْر, وَكَمَّلَ الضِّيَافَةَ فِيْ يَوْمِ الْعِيْدِ لِعُمُوْمِ الْمُؤْمِنِيْنَ بِسَعْيِهِمُ الْمَشْكُوْر, اَشْهَدُ اَنْ لاَ اِلَهَ اِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ الْعَفُوُّ الْغَفُوْر, وَاَشْهَدُ اَنَّ سَيِّدَنَا وَمَوْلاَنَا مُحَمَّدٍ عَبْدُهُ وَرَسُوْلهُ الَّذِيْ نَالَ مِنْ رَبِّهِ مَالَمْ يَنَلْهُ مُقَرَّبٌ وَلاَرَسُوْلٌ مُطَهَّرٌ مَبْرُوْر, اَللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ النَّبِيِّ الامِّيِّ وَعَلَى اَلِهِ وَاَصْحَابِهِ الَّذِيْنَ كَانُوْا يَرْجُوْنَ تِجَارَةً لَنْ تَبُوْر, وَسَلَّمَ تَسْلِيْمًا كَثِيْرًا

اَمَّا بَعْدُ : فَيَا اَيُّهَا اْلاِخْوَانِ, اِتَّقُوْا اللهَ ! وَاعْلَمُوْا يَا اِخْوَانِي رَحِمَكُمُ اللهِ اِنَّ يَوْمَكُمْ هَذَا يَوْمٌ عَظِيْمٌ يَتَجَلَّى اللهُ فِيْهَ عَلَى عِبَادِهِ مِنْ كُلِّ مُقِيْمٍ وَمُسَافِر, وَيُبَاهِي لَكُمْ مَلاَئِكَتَهُ وَاَنْتُمْ مُكَبِّرُوْنَ فِيْهَ اِظْهَارًا لِشَعَائِرِهِ فِي كُلِّ مَكَانٍ طَاهِرٍ فَقَالَ اللهُ تَعَالَى لَمْ يَزَلْ قَائِلاً عَلِيْمًا " اِنَّ اللهَ وَمَلاَئِكَتَهُ يُصَلُّوْنَ عَلَى النَّبِيِّ يَا اَيُّهَا الَّذِيْنَ اَمَنُوْا صَلُّوْا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوْا تَسْلِيْمًا" اَللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى اَلِهِ وَصَحْبِهِ وَالتَّابِعِيْنَ, وَارْضَ عَنَّا وَعَنْهُمْ بِرَحْمَتِكَ يَا اَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ.

اللّهُمَّ اغْفِرْ لِلْمُؤْمِنِيْنَ وَالْمُؤْمِنَاتِ وَالْمُسْلِمِيْنَ وَالْمُسْلِمَاتِ وَأَصْلِحْ ذَاتَ بَيْنَهُمْ وَأَلِّفْ بَيْنَ قُلُوْبِهِمْ وَاجْعَل فِي قُلُوْبِهِم الإِيْمَانَ وَالْحِكْمَةَ وَثَبِّتْهُمْ عَلَى مِلَّةِ رَسُوْلِكَ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمْ وَأَوْزِعْهُمْ أَنْ يُوْفُوْا بِعَهْدِكَ الَّذِي عَاهَدْتَهُمْ عَلَيْهِ وَانْصُرْهُمْ عَلَى عَدُوِّكَ وَعَدُوِّهِمْ إِلهَ الْحَقِّ وَاجْعَلْنَا مِنْهُمْ
اللَّهُمَّ أَصْلِحْ لَنا دِيْنَنَا الَّذِي هُوَ عِصْمَةُ أَمْرِنا وَأَصْلِحْ لنا دُنْيَانا الَّتِي فِيهَا مَعَاشُنَا وَأَصْلِحْ لنا آخِرَتنا الَّتِي فِيهَا مَعَادُنا وَاجْعَلِ الْحَيَاةَ زِيَادَةً لنا فِي كُلِّ خَيْرٍ وَاجْعَلِ الْمَوْتَ رَاحَةً لَنَا مِنْ كُلِّ شَرٍّ
اَللَّهُمَّ إِنَّا نَسْتَعِيْنُكَ وَنَسْتَغْفِرُكَ وَلاَ نَكْفُرُكَ وَنُؤْمِنُ بِكَ وَنَخْلَعَ مَنْ يَفْجُرُكَ، اَللَّهُمَّ إِيَّاكَ نَعْبُدُ وَلَكَ نُصَلِّى وَنَسْجُدُ وَإِلَيْكَ نَسْعَى وَنَحْفِدُ نَرْجُوْ رَحْمَتَكَ وَنَخْشَى عَذَابَكَ إِنَّ عَذَابَكَ الْجِدَّ بِالْكُفَّارِ مُلْحَقٌ، اَللَّهُمَّ عَذِّبِ الْكَفَرَةَ الذِّيْنَ يَصُدُّوْنَ عَنْ سَبِيْلِكَ وَيُكَذِّبُوْنَ رُسُلَكَ وَيُقَاتِلُوْنَ أَوْلِيَاءَكَ. اَللَّهُمَّ اَهْزِمْهُمْ وَدَمِّرْهُمْ، وَمَزِّقْ جَمْعَهُمْ وَشَتِّتْ شَمْلَهُمْ، وَاجْعَلْ تَدْمِيْرَهُمْ فِيْ تَدْبِيْرِهِمْ، اَللَّهُمَّ اهْزِمْ جُيُوْشَ الْكُفَّارَ الْمُسْتَعْمِرِيْنَ، ، إِسْرَائِيْلَ وَحُلَفَاءِهَا الْمَلْعُوْنِيْنَ.

عِبَادَ اللهِ اَنَّ اللهَ يَأْمُرُ بِالْعَدْلِ وَاْلاِحْسَانِ وَاِيْتَاءِ ذِيْ الْقُرْبَى وَيَنْهَى عَنِ الْفَحْشَاءِ وَالْمُنْكَرِ وَالْبَغْيِ يَعِظُكُمْ لَعَلَّكُمْ تَذَكَّرُوْنَ فَاذْكُرُوا اللهَ الْعَظِيْمَ يَذْكُرْكُمْ وَاشْكُرُوْهُ عَلَى نِعَمِهِ يَزِدْكُمْ وَاسْأَلُوْهُ مِنْ فَضْلِهِ يُعْطِكُمْ وَلَذِكْرُ اللهِ اَكْبَرُ.

Khotbah Iduladha 
 di Masjid dusun Alas Malang desa Gawerejo kec Glagah kab Lamongan

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Khotbah Iduladha"