Cinta Putri Ong Tien



Tadi malam engkau semangat sekali menceritakan tentang Putri Ong Tien..
Aku tau, dia Putri Kaisar Hong Gie dari masa Dinasti Ming, yang rela menempuh perjalanan panjang melintasi Laut China Selatan dan Laut Jawa, demi mencari jalan cintanya yang kemudian menjadi istri Sunan Gunung Jati.
Seorang tokoh Ulama besar yang pernah mengunjungi Negeri Tiongkok untuk menyebarkan ajaran Islam lewat tata cara ibadah shalat ini telah membuat sang putri kaisar jatuh cinta.
Legenda bokor kuningan?, itu yg ada di perut sang putri kan? yang menghilang
berkat karomah sang ulama, mampu membuka hati Putri Ong Tien untuk mengikuti ajaran Islam.
Kau juga dengan sangat indah suka mengisahkan duka sang putri sebagai
seorang putri kaisar, dan saat-saat perjumpaannya dengan Sunan Gunung Jati, serta perjuangannya meleburkan diri dengan kebudayaan-kebudayaan di Cirebon.
Putri Ong Tien memang hanya salah satu putri Tiongkok yang pernah bermukim dan menikah di Tanah Jawa. Namun yang membedakan dirinya dengan putri-putri China lainnya, dia menorehkan sejarah sebagai seorang perempuan asing yang berhasil masuk ke dalam lingkaran keluarga Kesultanan Cirebon, dan ikut dimakamkan di Komplek Pemakaman Keramat Sunan Gunung Jati. Banyak barang
kerajinan China peninggalannya..
Aku juga tau benar bagaimana bisa seorang putri Kekaisaran China mengarungi samudera dan mengejar cintanya dgn rendah hati?. Padahal kasta di sana sangat di jaga. Raja, bangsawan, rakyat rendah dan budak dibedakan, ini aku tau dari salah satu film Korea kesukaanmu, Dong Yi in The Crown yang diambil dari kisah nyata Kerajaan Joseon..
Ingat, itu hanya kisah yang menghiasi sejarah, tidak lebih dari "dongeng" Layla-Majnun, Romeo-Juliet, Rama-Sinta. Mereka hidup dalam tulisan-tulisan kertas yang sudah lusuh dan ada ratusan tahun lalu..
Sekarang, di masa yang manusianya lebih suka merumitkan diri, lebih suka meninggikan diri, lebih suka memamerkan diri, kata-kata para pujangga dalam buku sejarah tebalmu belum tentu menjawabnya..
Devinisi cinta zaman dahulu dan sekarang jauh berbeda. Janga kudeta hatimu dengan pengertian cinta model manusia zaman sekarang...
Ok, Aku akan menulis devinisi cinta menurutmu kak..

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cinta Putri Ong Tien"