Sudahkah Kalian Bersedekah Hari Ini?



Dua tahun yang lalu, ketika saya mendengar seorang penceramah menjelaskan keajaiban sedekah (Miracle of Giving), dimana Allah akan mengganti sedekah kita 10x lipat bahkan 700x lipat dari uang yang disedekahkan, berdasarkan surah Al-Baqarah ayat 245 dan 261. Salah satu firman Allah begini:

Siapakah yang mau memberi pinjaman kepada Allah, pinjaman yang baik (menafkahkan hartanya di jalan Allah), MAKA ALLAH MELIPAT GANDAKAN PEMBAYARAN KEPADANYA DENGAN LIPAT GANDA YANG BANYAK. Dan Allah menyempitkan dan melapangkan (rezeki) dan kepada-Nya-lah kamu dikembalikan.(QS Al-Baqarah ayat 245)

Apalagi bersedekah kepada orang tua dan kerabat dekat. Dengan lantang penceramah meyakinkan akan bukti kebesaran Allah. Saya tergerak untuk “mengetes” kebenaran janji Allah sebagaimana yang disampaikan penceramah tadi. Jujur, waktu itu perasaan saya hanya menguji dan mencari bukti.

Tanggal 10 bulan Rabius Tsani, ketika menghadiri Haul Akbar Sulthanil Auliya Syaikh Abdul Qadir Al-Jailani ra dan Sayyidis Syaikh Muhammad Utsman Al-Ishaqi ra di Pondok Pesantren Darul Ubudiyah Surabaya, uang saya tinggal 20.000 (dua puluh ribu), terbesit ingatan penceramah tentang kedahsyatan sedekah. Saat bertemu Abi (ayah saya), saya beli rokok seharga 10.000 dan dikasihkan ke Abi, saya niat, itu sedekah saya. Tidak peduli waktu itu tidak punya uang, toh, 10 ribu sisa cukup buat ongkos kembali ke pondok (Langitan Tuban). Jujur sekali, saya berharap ada “ganti” dari sedekah kepada orang tua itu.

Subhanallah, satu hari setelah di Tuban, saya mendapat undangan seminar dan workshop jurnalistik di Surabaya dan Tuban, serta mengisi Sekolah Menulis Flp Lamongan selama tiga hari berturut-turut!. Dan sedekah ke Abi yang 10.000 tadi, diganti oleh Allah ratusan kali lipat. Allahu Akbar!!, padahal saya bersedekah rokok, barang yang menurut saya remeh, pun, dalam beberapa hukum fikih Islam mengatakan makruh. Saya “menyesal” karena tidak bersedekah banyak kepada Abi agar gantinya lebih mantap (hehee… manusiawi gan :D )

Sekarang, setiap saya pulang ke rumah (Madura) tidak lepas dari membawa oleh-oleh kepada ibu dan adik-adik saya, tak ketinggalan membelikan rokok Abi, niat saya selalu sama, agar diganti oleh Allah dengan balasan yang lebih yahut! (rakus amat ya? :D :D Biarlah..). Subhanallah wal hamdulillah Allahu akbar!, Allah mengganti uang sedekah saya dobel-dobel!. Saya bisa membeli notebook, handphone adroid, kuliah, beli ini itu, padahal saya tidak bekerja, hanya menulis!. Itu tadi, dari keajaiban sedekah kepada orang terdekat. Masih tidak percaya? Parah… :D

Ayo, bersedekah, terlebih kepada ayah dan bunda kita!. Tidak peduli punya atau tak ada uang, banyak atau sedikit yang kita keluarkan, remeh atau berharga yang kita kasihkan, insya Allah ada lipatan gantinya, kalau tidak sekarang, pasti besok, atau lusa, kalau tidak, Allah tentu menyediakan balasan yang besar dan mulia di akhirat nanti, pasti!. Saya telah membuktikannya, Anda?

#SalamHebat


*Kopi hitam kental terasa nikmat, ngopi disek ben gak salah paham.. :D

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Sudahkah Kalian Bersedekah Hari Ini?"