20 Metode Mengajar Ala Rasulullah
Berbahagia
sekali, dari banyak teman, rata-rata profesi mereka adalah guru, menjadi tenaga
pengajar di daerah-daerah di seluruh Indonesia. Biasalah, teman saya sudah
hampir ada di setiap pulau di negeri ini, hehehe…
Luarbiasa, kalian adalah manusia-manusia istimewa terpilih
untuk menjadi penyadur cahaya keilmuan. Yups, ilmu adalah cahaya Allah, dan
menakjubkan adalah kalian orang yang dipilih Allah.. Subhanallah..
Lewat tulisan asal-asalan ini semoga menjawab
permintaan kalian..
Sahabat, predikat guru adalah amanah, untuk sukses
menjadi guru tak semata-mata karena menenteng ijazah atau mendapat sertifikasi
serta keilmuan yang mumpuni. Guru idola di mata dan hati siswa karena metode
mengajar asyik dan menarik.
Nah,
ada 20 metode mengajar yang telah dipraktekkan oleh Rasulullah Saw.
Nio Gwan Chung (Dr. M. Syafii Antonio, M.Ec) dalam
bukunya Muhammad SAW The Super Leader Super Manager menuliskan 20 metode dan
teknik pengajaran sebagai ‘holistic learning methods’, yaitu :
1.
Learning conditioning (meminta diam untuk mengingatkan, menyeru secara
langsung dan perintah untuk menyimak dan diam dengan cara tidak langsung)
2.
Active interaction (interaksi pendengaran: teknik berbicara, tidak bertele-tele
pada ucapan dan tidak terlalu bernada puitis, memperhatikan intonasi, diam
sebentar di tengah-tengah penjelasan; interaksi pandangan: eye contact dalam mengajar,
memanfaatkan ekspresi wajah, tersenyum)
3.
Applied-learning (metode praktikum yang diterapkan oleh guru dan yang dilakukan
oleh siswa)
4.
Scanning and levelling (memahami siswa secara individu sesuai tingkat kecerdasannya)
5.
Discussion and feed-back (metode yang logis dalam memberikan jawaban dan
membuat contoh sederhana yang mudah dipahami)
6. Story telling
(bercerita)
7.
Analogy and case study (memberikan perumpamaan dan studi kasus nyata di
sekitar kehidupan)
8. Teaching and
Motivating (meningkatkan gairah belajar dan rasa keingintahuan
yang tinggi)
9. Body language
(membuat penyampaiannya bertambah terang, lebih pasti dan jelas; menarik perhatian
pendengar dan membuat makna yang dimaksud melekat pada pikiran; mempersingkat
waktu)
10. Picture and graph
technology (penjelasan diperkuat dengan gambar atau tulisan)
11. Reasoning and
argumentation (mengungkapkan alasan akan memperjelas
sesuatu yang sulit dan berat agar dipahami oleh siswa)
12. Self reflection
(memberi kesempatan kepada siswa untuk menjawab sendiri suatu pertanyaan agar
siswa dapat mengoptimalkan kerja otak dan mengasah pikiran)
13.
Affirmation and repetition (pengulangan kalimat dan ucapan nama)
14. Focus and point
basis (menggunakan teknik berdasarkan rumusan-rumusan besar
atau poin akan membantu siswa dalam menyerap ilmu dan menjaganya dari lupa)
15. Question and
answer metodh (teknik bertanya untuk menarik perhatian
pendengar dan membuat pendengar siap terhadap apa yang akan
disampaikan kepadanya)
16.
Guessing with question (penting untuk memperkuat pemahaman dan memperbesar
keingintahuan)
17.
Encouraging student to ask (guru memberikan kesempatan dan motivasi kepada siswa
untuk berani mengajukan pertanyaan: bertanya dapat menghapus kebodohan serta memperbaiki
pemahaman dan pemikiran dan menjadi alat evaluasi guru atas cara penyampaian pelajarannya)
18.
Wisdom in answering question (menyikapi orang-orang yang mengajukan
pertanyaan sesuai dengan tingkat pengetahuannya; menyikapi
si penyanya dengan sikap yang bermanfaat baginya)
19.
Commenting on student question (memberikan komentar terhadap jawaban
siswa)
20.
Honesty (seorang guru harus menanamkan sikap mulia berani mengakui
ketidaktahuan ke dalam diri siswanya. ucapan ‘aku tidak tahu adalah bagian dari
ilmu)
***
Jangan
lupa, jadilah teladan sebagaimana akhlak mulia Rasulullah Saw dan perbanyak
berdoa agar ilmu kalian menancap di hati para murid. Semoga jihad ilmumu
disandingkan dengan gelar pahala para Syuhada'. Amin..
0 Response to "20 Metode Mengajar Ala Rasulullah"
Posting Komentar